Personil Baru Langsung Bergerak

2019-02-08 04:30:56


Instalasi Rondaman Palas milik Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Siborongborong yang berlokasi di Desa Sihopuk Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara mendapat alokasi personil baru dari Siborongborong. Berdasar Surat Keputusan (SK) Kepala Balai No. 02002/KP/250/F2.3/01/2019 BPTUHPT Siborongborong menempatkan 4 (empat) pegawai yaitu 3 (tiga) orang Fungsional Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak) dan 1 (satu) orang Fungsional Umum Perawat Ternak. Dengan penambahan jumlah pegawai yang berada di instalasi rondaman palas diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja instalasi milik BPTUHPT Siborongborong yang berlokasi paling jauh dengan kantor pusat ini yaitu �198 Km.

Kamis (07/02) personil baru Instalasi Rondaman Palas beserta Tim Wasbitnak dari Siborongborong termasuk koordinator Wasbitnak Ibu Morina Dormasia, S.Pt melaksana kegiatan Pemeriksaan Kebuntingan (PKb) pada komoditas ternak kerbau lumpur lokal di instalasi tersebut. Dari 30 (tiga puluh) ekor induk betina didapatkan 21 ekor ternak kerbau yang bunting atau dengan kata lain 70% induk betina terperiksa bunting.

Kegiatan ini sekaligus untuk mendukung program Upaya Khusus Sapi dan Kerbau Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) 2019. Selain di Instalasi rondaman palas kegiatan PKb ini juga dilaksanakan di dua instalasi kerbaulainnya milik BPTUHPT Siborongborong yaitu di Instalasi Bahalbatu dan Instalasi Silangit.

Instalasi Rondaman palas merupakan instalasi terjauh dan memiliki lahan yang cukup luas �94Ha. Dengan dukungan lahan yang cukup luas inilah diharapkan produktifitas bibit ternak kerbau lumpur lokal di instalasi ini bisa ditingkatkan lagi. Data tahun 2018 produksi ternak kerbau di Instalasi ini berjumlah 25 ekor kelahiran dan distribusi sebanyak 17 ekor bibit ternak kerbau.

Kendala yang sebelumnya dihadapi di instalasi rondaman palas pada tahun-tahun sebelumnya telah ditutupi yaitu mengenai kekurangan Sumber daya manusia (SDM) dengan ditempatkannya pegawai yang berasal dari Instalasi Bahalbatu dan Instalasi Silangit ke Instalasi Rondaman Palas ini.

^